Tuesday, August 25, 2015

Meet Up Komunitas Crafter by Tokopedia


Hai teman - teman, mumpung masih bulan Agustus, saya mau cerita salah satu kegiatan di awal bulan kemarin yaitu Meet Up Komunitas Crafter yang diadakan oleh Tokopedia



Saat registrasi setiap peserta mendapat goody bag yang berisi notes, pulpen dan stiker tokopedia.

goody bag
 
ruangan
Meet Up Komunitas Crafter ini diawali dengan penyampaian materi mengenai Electronic Commerce (e-commerce) dari pihak Tokopedia. Menurut Raymond McLeod dalam bukunya Sistem Informasi Manajemen, e-commerce ialah menggunakan jaringan komunikasi dan komputer untuk menyempurnakan proses bisnis. Untuk lebih mudahnya setiap transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer, dan web browser dapat disebut e-commerce. :)

Peningkatan pengguna internet yang sangat pesat dapat dilihat sebagai potensi untuk menjalankan bisnis melalui e-commerce. Berdasarkan info dari Asosiasi Penyelenggara Data Internet Indonesia pengguna internet di Indonesia pada Tahun 2014 meningkat sebanyak 16,2 juta pengguna, yaitu dari 71,9 juta menjadi 88,1 juta pengguna atau dengan kata lain penetrasi sebesar 34,9%. Nah, dari 88,1 juta pengguna internet tersebut, 87% menggunakan internet untuk aplikasi/konten jejaring sosial. Sementara, pengguna yang menggunakan internet untuk bisnis online hanya sebesar 11%. Hmmm... bisa jadi karena banyak yang memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook, instagram, path, dan sebagainya sebagai aplikasi untuk bisnis online. Tapi ternyata jejaring sosial tersebut bukan termasuk e-commerce lho.

Jenis - jenis e-commerce:
1. Iklan Baris
- Merupakan iklan yang ada di situs.
- Sifatnya tidak bisa berlangsung terus - menerus. Ketika jangka waktu penayangan sesuai kontrak habis, iklan dihapus.
- Tipe Customer to Customer (C2C)
- Contoh: Iklan baris di Kaskus, OLX.

2. Online Retail
- Online retail ini yang mulai banyak di Indonesia, contohnya Lazada, Bhinneka, Bibli, dan sebagainya. Dalam sistem Online Retail, packaging barang yang kita terima dari perusahaan.
- Tipe Business to Customer (B2C)

3. Daily Deals
Nah buat yang suka promo, diskon, dan suka harga murah pasti hafal situs yang menyediakan Daily Deals, hehehe. Contohnya groupon, ensogo.

4. Market Place 
Market Place ini bisa dianalogikan sebagai mall online. Jadi kita datang ke satu tempat yang berisi banyak toko. Ketika beli barang, packaging yang kita terima entah itu dalam tas plastik atau kantong kertas berasal dari toko bersangkutan.
- Tipe Customer to Customer
- Contoh: Tokopedia, Rakuten

Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan panduan membuat toko online di  Tokopedia. Nah, disini peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dengan 10-11 orang per kelompoknya. Untuk membuka toko, bagi teman - teman yang belum pernah belanja di Tokopedia harus membuat akun dulu ya, kemudian bagi yang sudah pernah belanja dari akun masing - masing tinggal pilih opsi "Buka Toko". Berdasarkan pengalaman kemarin untuk pembuatan toko melalui browser, pada pilihan pengisian alamat terutama kota/ kabupaten belum lengkap/ update. Prosesnya pun lama dan sering error. Lebih baik menggunakan aplikasi Tokopedia yang disediakan untuk Android.

Acara selanjutnya yaitu Tutorial Membuat Bros Bunga dari Tutup Botol yang dipandu oleh Mbak Mega dari Indonesian Crafter.
atas: alat dan bahan, bawah: bros jadi

Kemudian acara dilanjutkan dengan kuis berhadiah, foto bersama, dan makan siang (lupa nggak difoto). Secara keseluruhan menurut saya, untuk acara setengah hari dengan biaya Rp35.000 bisa dikatakan acara Meet Up Komunitas Crafter ini bagus dan lengkap dari materi, tutorial dan makan siang. 

Oiyaa... Bagi yang mau nengok hasil buka tokonya bisa klik Maysoora Store :)Sekian, semoga bermanfaat.

Sumber: sharing dari grup komunitas crafter

No comments:

Post a Comment